Pengukuran IKM dilakukan sesuai dengan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Terdapat 306 Responden yang telah mengisi kuesioner dan menyartakan pendapat mengenai pengalamannya dalam memperoleh pelayanan dari aparatur RSUD Wonosari, kemudian diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai berikut :
Kategorisasi Mutu Pelayanan Berdasarkan Nilai IKM
Nilai Interval IKM |
Nilai Interval Konversi IKM |
Mutu Pelayanan |
Kinerja Unit Pelayanan |
1.0 - 1.75 |
25.00 – 43.75 |
D |
TIDAK BAIK |
1.76 - 2.50 |
43.76 – 62.50 |
C |
KURANG BAIK |
2.51 - 3.25 |
62.51 – 81.25 |
B |
BAIK |
3.26 - 4.00 |
81.26 – 100 |
A |
SANGAT BAIK |
Hasil Pengukuran IKM Menurut Unit Layanan di RSUD Wonosari Periode Januari-Juni 2016
NO |
Unit Layanan |
Nilai IKM |
Kategori Mutu |
1 |
Ruang anggrek |
78.16 |
Baik |
2 |
Ruang Bakung |
74.33 |
Baik |
3 |
Ruang Dahlia |
82.66 |
Sangat Baik |
4 |
Ruang Melati |
79.01 |
Baik |
5 |
Ruang Haemodealisa |
63.06 |
Baik |
6 |
Instalasi Rawat Jalan |
74.67 |
Baik |
7 |
Kantor Administrasi |
76.33 |
Baik |
8 |
Instalasi Farmasi |
76.26 |
Baik |
9 |
Ruang Bersalin / VK |
77.31 |
Baik |
Hasil Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat Menurut 14 Unsur Pelayanan di RSUD Wonosari Semester I Tahun 2016
No |
Unsur Pelayanan |
NRR |
NRR Tertimbang |
1 |
Kemudahan Prosedur Pelayanan |
2.92 |
0.21 |
2 |
Kesesuaian Persyaratan dengan Pelayanan |
2.98 |
0.21 |
3 |
Kejelasan dan Kepastian Petugas Pelayanan |
3.03 |
0.21 |
4 |
Kedisiplinan Petugas Pelayanan |
3.00 |
0.21 |
5 |
Tanggung Jawab Petugas Pelayanan |
3.14 |
0.22 |
6 |
Kemampuan Petugas Pelayanan |
3.17 |
0.22 |
7 |
Kecepatan Pelayanan |
2.89 |
0.20 |
8 |
Keadilan Mendapatkan Pelayanan |
3.05 |
0.22 |
9 |
Kesopanan dan Keramahan Petugas |
3.21 |
0.23 |
10 |
Kewajaran Biaya Pelayanan |
3.12 |
0.22 |
11 |
Kesesuaian Biaya Pelayanan |
3.08 |
0.22 |
12 |
Ketepatan Jadwal Pelayanan |
3.98 |
0.21 |
13 |
Kenyamanan Lingkungan |
3.84 |
0.20 |
14 |
Keamanan Pelayanan |
3.04 |
0.22 |
Jumlah |
42.44 |
3.014 |
Berdasarkan Tabel diatas dapat diketahui NRR tertimbang dari 14 unsur Pelayanan adalah 3,014. Dari Jumlah NRR tertimbang tersebut Kemudian DIhitung Indeks Kepuasan Masyarakat, sdehingga didapatkan hasil sebagai berikut :
IKM RSUD Wonosari |
= 3.014 x 25 |
|
= 75.34 |
Dari nilai penghitungan diatas dapat diketahui bahwa mutu pelayanan di RSUD Wonosari adalah Baik.
Berdasarkan data IKM diatas maka RSUD Wonosari mempunyai rencana tindak lanjut sebagai berikut :
- Mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan secara konsisten.
- Memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat agar RSUD Wonosari mampu memberikan pelayanan yang terbaik
- Meningkatkan Nilai 14 Unsur Pelayanan pada periode selanjutnya.
- Sosialisasi terhadap masyarakat tentang pentingny Indeks Kepuasan Masyarakat bagi RSUD Wonosari untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan RSUD Wonosari.
- Membuat Standar Pelayanan untuk semua jenis pelayanan public yang diselenggarakan RSUD Wonosari.
- Meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan masyarakat yang telah dilakukan RSUD Wonosari.
- Peningkatan Kualitas SDM RSUD Wonosari.
(Sumber : Laporan Indeks Kepuasan Mayarakat RSUD Wonosari Semester I Tahun 2016)
- By admin
- 24 September 2016
- 17